Cara Menerbangakan Drone Bagi Pemula

Hay gaes, selamat datang di CaraDhika, pada tutorial kali ini saya akan bahas tutorial cara menerbangakan drone bagi pemula. Pada tutorial cara menerbangkan drone bagi pemula indonesia ini kita pakai armada dji phantom 3 standard. Kenapa saya pilih pakai dji phantom 3 standard ? karna harga drone dji phantom 3 standard cukup tergolong paling murah dan juga hasil yang di peroleh juga lumayan bagus.


Di jaman sekarang ini penggunaan drone atau pesawat tanpa awak ini sangat beragam bisa juga di buat dokumentasi via udara, pemetaan, dan juga sebagai mainan hehehe. Di indonesia ini sendiri para penggunaan drone juga di atur dalam Pasal 33 ayat 1 Undang-Undang Nomor 36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi “UU Telekomunikasi”. Jadi buat kalian para pemula hati hati ya gaes dalam cara menerbangkan drone atau cara penerbangkan pesawat tanpa awak. kalian tidak bisa menerbangkan di area pemerintahan, sekitaran bandara udara dan juga di kawasan pangkalan TNI, kecuali kalian sudah dapat ijin.


Drone sekarang lebih bnayak di gunakan sebegai pelengkap dalam videografi dan harga drone fotografi sendiri sangat lumayan hehehe yang sudah saya sebut kan di atas. Baik setelah ini simak baik baik pada tutorial kalai ini.

Cara Menerbangakan Drone Bagi Pemula.

 
Cara Menerbangakan Drone Dagi Pemula

Yang pertama pastikan kalian mempunyai drone ya gaes, kalau kalian belum punya drone phantom kalian bisa beli drone jenis toys yang lebih murah tapi yaa begitu deh hasilnya heheh. Nah, setelah kalian beli drone dji phantom langakah perama yang kalian lakukan adalah download aplikasi dji phantom melalui HP Android kalian di PlayStore bija juga di AppStore bagi kalian yang menggunakan perangkat Ios atau Iphone, masuk di PlayStore dengan mengetik "DJI GO" nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Cara Menerbangakan Drone Dagi Pemula


Setelah kalian selesai menginstal langsung keluar dari aplikasi PlayStore , langsung cari DJI GO di HP Android kalian nanati tampilanya seperti berikut.



Cara Menerbangakan Drone Dagi Pemula


Kemudian buka langsung aplikasi DJI GO , Seperti biasa buat kalian yang belum pernah menggunakan dji Phantom kalian pasti di minta untuk regristasi dulu di Dji Go app. Setelah selesai mendaftarkan account anda di dji go langsung saja sambungkan pesawat drone anda ke Hp android anda .




Yang pertama sebelum menyalakan pesawat drone anda , Pastikan tombol tuas S2 di bagian kiri atas dan tuas tombol S1 di bagian kanan atas itu semua harus berada di bagian atas ya gaes, selanjutnya kalau kalian sudah mahir tombol itu nanti akan berfungsi . Dan nanti akan saya tulis lagi apa fungsi tombol tuas di pojok kanan dan kiri atas dari remot drone dji phantpm 3 standard. Setelah itu masukan batry drone dji phantom ke lubang batry yang tersedia, pastikan jangan terbalik ya gaes , tenang saja jika batry dji phantom terbalik maka batry tidak akan  masuk.

Ok next, langkah pertama nyalakan remot kamu dengan menggeser ke arah kanan sampai nanti bunyi tulit hehehe. Kemudian langsung nyalakan drone phantom kalian dengan menekan tombol power phantom di bagian belakang. Tekan 2x dan tahan selama dua detik atau sampai lampu indikator batry berhenti seperti gambar di bawah ini.


Sambungkan drone kalian ke Hp Android yang sudah ada app Dji Go nya. Buka wifi Hp kamu dan cari nanati akan muncul phantom dan langsung konekan dengan memasukakan pasword standard 12341234.
Setelah sudah memasukkan pasword akan muncul menu tampilan berbagai drone produk DJI ada Dji osmo, Dji phantom 4, Dji phantom 3, matrix, kalian pilih saja Dji phantom 3 yang standard. Kemudiann langsung muncul tampilan status menu dan kondisi drone kalian, apakah kompas anda normal ? sistem GPS anda juga normal, Gimbal camera juga normal ? yang tampilanya seperti gambar di bawah ini.



Cara Menerbangakan Drone Dagi Pemula


Catatan buat kalian setiap terbang di manapun dan kapanpun, pastikan drone phantom kalian harus lakukan kalibrasi , Supaya kalian pada saat terbang pas ada gangguan sinyal atau sinyal Lost drone kesayangan anda dapat kembali pulang ke rumah di tempat saat pertama kali dia TakeOff.

Cara Kalibrasi Drone Dji Phantom.

Oh iya smapai lupa setelah kalian selesai menyalakan remot drone dan pesawatnya dan sambungkan ke app hp android anda , Tunggu lampu drone anda yang bagian depan diam berwarna merah dan yang belakan berwarna hijau sambil berkedip. Setelah semuannya siap lakukan kalibrasi dengan menekan tombol seperti gambar di bawah ini kemudian Klik ikon Calibrasi atau Calibret.


Cara Menerbangakan Drone Dagi Pemula

Cara Menerbangakan Drone Dagi Pemula

Kemudian lampu drone kalian yang semula berwarna merah dan kedip hijau akan berubah berwarna kuning itu tandanya drong siap di lakuakan kalibrasi. Dengan cara mengangkat drone dengan kamera drone sejajar lurus sama hadapan kita. kemudian putar ke arah kiri sampai 180 derajat. Kemudian ubah posisi dengan menghadapkan camera drone kamu ke bawah putar lagi seperti di awal, jika berhasil maka warana lampu indikator akan kembali seperti awal dia sudah dapat sinyal Gps, yaitu lampu depan merah yang belakang berkedip hijau, itu tanda nya drone sudah mengingat tempat nya kemana ia harus pulang. dan akan muncul tulisan hijau pada layar Hp anda "Home Point Record".


Cara Menerbangakan Drone Dagi Pemula



Letak kan drone kamu ke tanah atau tempat yang datar ya gaes biar TakeOff nya aman , jangan sampai di tempat yang miring karena akan bahaya. Cara menyalakan baling balingnya dengan cara menekan bersamaan trotel pada remot dji phantom kalian ke bawah mentok langsung masuk kedalam seperti gambar di bawah ini.


Bisa juga dengan menekan tombol Auto Take Off seperti gambar di bawah ini, maka drone akan otomatis terbang dan hovering di ketinggian 1 - 2 meter diatas tanah dia takeoff.


Cara Menerbangakan Drone Dagi Pemula

Dan drone kesayangan anda Dji Phantom bisa terbang dan memotret spot spot yang indah dari atas.


Demikian artikel ini saya buat , Jangan lupa bagikan pada teman sahabat atau yang masih kebingungan bagaimana Cara Menerbangakan Drone Dagi Pemula. terimaksih banyak telah berkunjung ke blog saya, oh iya jangan lupa follow instagram saya di "Dika.fan" untuk melihat koleksi aerial video saya yang berisi trip, wedding, prewedding clip, video profile, dll.  next saya akan bahas fungsi fungsi tombol yang ada di remot drone phantom dan tombol yang muncul di layar hp anda. ok see yaaa......




0 Response to "Cara Menerbangakan Drone Bagi Pemula"

Posting Komentar