Contoh Menu Sehat Untuk Penderita Hipertensi

hello gaes salam sehat buat kita semua, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang penyakit hipertensi atau biasa di sebut darah tinggi. taukah kamu darah tinggi sekarang bisa menyarang pada segala usia tua maupun muda.faktor penyebab munculnya penyakit darah tinggi ini umumnya di dasari oleh faktor keturunan bisa juga di sebabkan oleh gaya hidup.

Di usia muda kalian pernah tidak mengalami pusing sakit kepala yang berkepanjangan ? ada beberapa faktor penyebab pusing kepala. hal ini bisa saja di sebabkan oleh banyaknya fikiran, faktor kelelahan, dan yang satu lagi faktor tanda tanda penyakit hipertensi.

Tapi jangan merasa takut kali ini kita akan bahas satu persatu bagaimana cara mengatur darah tinggi. dan cara menyusun  jadwal makan untuk penyakit darah tinggi. kalian bisa mengatur menu makanan sehari hari suapaya tidak terkena darah tinggi di usia muda, bahkan bisa juga cara mencegah penyakit darah tinggi. yups langsung saja simak langkah langkahnya.

Contoh Menu Sehat Untuk Penderita Hipertensi 

Contoh Menu Sehat Untuk Penderita Hipertensi

Faktor yang sangat berperan penting dalam pencegahan hipertensi atau darah tinggi adalah pola makan atau gaya hidup. gaya hidup cenderung di anggap sepele bagi semua orang bahwasanya pola hidup yang di sukai banyak orang adalah pola hidup yang menyenangkan dan bebas mau makan apa saja asal dia sukai. dalam pencegahan hipertensi atau darah tinggi adalah  melakukan diit rendah garam.
  • Apakah yang Di Maksut Dengan Diet Rendah garam 
Diit rendah garam ialah batasi kadar olahan yang di dalamnya ada tambahan bumbu yang mengandung garam atau segala sesuatu yang berasa asin. tambahan bumbu penyedap rasa adalah salah satunya garam. garam yang di maksud ialah garam Natrium, Sumber utama garam natrium adalah garam dapur.

jadwal makan untuk penyakit darah tinggi

Tujuan di lakukan diet rendah garam ini untuk menghilangakan penimbungan kadar garam atau air dalam jaringan tubuh manusia. sehingga jika terjadi peningkatan tekanan darah tinggi air dalam darah mampu mengontrol supaya tidak terjadi tekanan pada pembuluh darah yang terlalu berlebih.

  • Mengapa Harus Menjalakan Diet Rendah Garam ?
Garam bernatrium hampir bisa di temui di smua bahan makanan yang berasal dari hewan mapupun tumbuh tumbuhan. Semua orang pasti membutuhkan  garam NA, tetapi secara tidak kita ketahui tubuh selalu mendapatkan lebih banyak garam NA yang di butuhkan. Namun jika tubuh manusia kelebihan garam NA tubuh akan otomatis mengeluarkan cairan garam NA melewati penyaringan yang di lakukan oleh organ ginjal. Pada kelainan tubuh tertentu, ada tubuh yang tidak bisa mengeluarkan sisa sisa garam yang tidak di butuhkan oleh tubuh, maka garam yang menumpuk yang tidak terpakai akan menumpuk pada jaringan yang bisa menyebabkan garam terbsebut mengikat air sehingga bisa terjadi bengkak atau odema. untuk menhilangkan bengkak ini anda harus mengetahui contoh menu rendah garam.

Makanan Apa Yang Boleh Di Berikan Pada Penderita Hipertensi

jadwal makan untuk penyakit darah tinggi


1. Semua bahan makanan segar atau makana yang di awetkan tanpa memakai garam Na. yang berasal dari tumbuh tumbuhan seperti :
  • Beras, kentang, maizena, terigu, hunkue, Mie tawar, Gula pasir.
  • contoh menu rendah garam bisa dari semua kacang kacangan yang hasil akirnya diolah tanpa menggunakan garam NA seperti : Kacang hijau, kacang tanah, kacang tolo, tempe, tahu tawar dan oncom.
  • Minyak goreng, margarine tanpa garam.
  • Sayur dan buah buahan.
  • Bumbu bumbu seperti : Bawang brambang, jahe, kemiri , kunir, Kencur, laos, Lombok, Salam, Sere dan cuka.
2. Bahan bahan makanan yang berasal dari hewan dalam jumlah yang terbatas.
  • Daging ayam, daging daging ikan paling banyak 100gr per hari.
  • Telur ayam atau telur bebek paling banyak sejumlah 1 butir per hari.
  • Susu segar paling banyak di konsumsi dalam sehari paling tidak 2 gelas atau 400cc per hari.
  • Otak, ginjal, paru paru, jantung, hewani dan udang lebih banyak mengandung banyak NA sebaiknya Hindari makanan ini.
3. Minum seperti teh, kopi, sirup, minuman botol sari buah.

Apakah Yang Paling Tidak Boleh di Berikan ?


contoh menu sehat hipertensi


Makanan yang tidak boleh di berikan untuk penderita hipertensi adalah. makanan yang di beri garam NA, pada saat pengolahan seperti :
  • Roti biskuit dan kue kue yang di masak dengan menggunakan hgaram dapur maupun soda.
  • Dendeng, abon, comet beef, ebi atau udang kering, telor asin dan telor pindang. 
  • Keju kejuan, acar asinan sayuran, sayur dalam kaleng.
  • Garam dapur, vetsin, soda kue, baking powder, tomato ketcup, petis dan taoco.
Nah sobat Caradhika di atas adalah makan contoh menu sehat hipertensi. Di bawah ini saya akan menyusun menu makan untuk penyakit darah tinggi. yang bertujuan untuk pencegahan hipertensi atau darah tinggi.

Contoh Menu 

PAGI : - Nasi 
           - Telor ceplok 
           - Tumis buncis

Jam 10.00 : - Bubur kacang ijo

Siang : - Nasi 
            - ikan panggang, bumbu tomat
            - Tahu Goreng 
            - Sayur asam 
            - Buah 

Jam 16.00 : - Slada buah

Malam : - Nasi 
             - Frekedel Daging
             - Kripik Tempe
             - Sup Sayuran
             - Buah 


Nah sekirnya cukup sekian artikel tentang Contoh Menu Sehat Untuk Penderita Hipertensi semoga bisa bermanfaan bagi yang membaca. jangan lupa like dan share artikel ini siapa tau ada yang membutuhakanya yang masih bingung tentang pencegahan hipertensi atau darah tinggi. sampai jumpa lagi di kesempatan berikutnya ya.. salam ahli gizi indonesia.

0 Response to "Contoh Menu Sehat Untuk Penderita Hipertensi"

Posting Komentar